Jumat, 17 Oktober 2014

Tari Gantar Tarian Khas Kalimantan Timur

Tarian Tradisional Indonesia - Tarian gantar berasal dari suku dayak Benuaq dan Tonyooi. Tarian ini di kenal juga sebagai tarian pergaulan antara muda mudi serta untuk menyongsong tamu yang datang. Tarian ini menggambarkan keceriaan dalam menanam padi.

Tari Gantar

Tari Gantar Samarinda


Gantar yaitu sepotong bambu yang didalamnya berisi biji-biji padi dan tongat panjang yang disebut asek untuk bikin lubang ditanah waktu menanam padi. Juga menggambarkan keramah-tamahan suku Dayak dalam menyambut tamu yang datang ke Kalimantan Timur (samarinda) baik sebagai turis ataupun investor serta para tamu yang dihormati selanjutnya di ajak ikut menari.

Pakain yang digunakan pada Tari Ganta di sebut Ulap Doyo kain tenunan asli suku Dayak Benuaq yang di ambil dari serat doyo.

Blog ini kami buat secara khusus sebagai dokumentasi dengan tujuan mempermudah bagi Anda yang ingin mengenal Lebih jauh mengenai Tarian, Seluruh grafis diambil dari sumber yang berbeda, Jika ada Gambar atau artikel yang menyinggung atau di bawah Hak Cipta Anda maka silakan E-mail kami pada halaman Contact, Dalam 1x24 jam artikel/gambar akan kami hapus. Terima Kasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tari Gantar Tarian Khas Kalimantan Timur

0 komentar:

Posting Komentar

..::Terima Kasih Atas Kunjungannya::..
Silahkan tinggalkan komentar Anda segala bentuk kritik dan saran kami harapkan dari pembaca sekalian..!!!
Komentarlah dengan kata-kata yang sopan and NO SPAM..!!!
Thanks.